Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis ata badminton adalah olahraga yang digemari berbagai kalangan di Indonesia, mulai dari anak-anak, dewasa, sampai lansia. Hal ini dikarenakan permainan bulu tangkis mudah untuk dimainkan dan sangat seru serta menyenangkan. Jadi tak ayal jika banyak orang yang gemar bermain bulu tangkis.

Meskipun begitu, tidak semua orang tahu benar akan teknik dasar bulu tangkis yang benar. Sehingga sering kali terjadi hal yang seharusnya tidak dilakukan dalam permainan bulu tangkis ataupun mengalami cedera karena kesalahan yang dilakukan saat bermain bulu tangkis. Maka dari itu perlu penguasaan teknik dasar bulu tangkis agar permainan menjadi semakin asik dan seru.

ads

Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik dasar bulu tangkis harus kita pahami dan pelajari serta latihan rutin dan tekun untuk menguasai teknik dasar sepenuhnya. Teknik dasar permainan bulu tangkis terdiri atas teknik memegang raket, footwork, servis, hitting position, mengembalikan servis, netting, dan smash

Teknik memegang raket

Teknik memegang raket dalam bulu tangkis terbagi atas pegangan backhand dan pegangan forehand. Posisikan jari-jari tangan menggenggam raket dengan luwes dan rileks serta dipegang erat agar tidak mudah jatuh dan dapat melakukan pukulan yang bertenaga. Kesalahan yang sering terjadi ketika memukul bola backhand dengan pengangan forehand, atau sebaliknya. Sehingga pemain diharuskan pandai-pandai dalam melakukan pergantian posisi pegangan pada raket.
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

Teknik Footwork

Dengan footwork yang baik seorang pemain akan menguasai lapangan sepenuhnya sehingga akan sulit bagi lawan untuk mendapat poin. Usahakan berada pada bagian tengah lapangan, dengan kaki agak dibuka dan lutut ditekuk, badan tetap rileks dan nyaman. Saat melakukan footwork usahakan melangkah dengan lebar. Berikut gambar posisi footwork yang baik.
Footwork
Footwork

Teknik Hitting Position

Teknik hitting position merupakan cara pemain untuk bersiap-siap menerima bola. Berkonsentrasilah pada arah datangnya bola dan siapkan tenaga dan perkiraan yang baik untuk mengembalikkan bola. Biasanya orang yang sudah terlatih memiliki insting dalam menentukan arah datangnya bola.

Teknik Melakukan Servis

Servis dilakukan setelah tejadi suatu poin atau ketika pertandingan dimulai. Teknik melakukan servis ini sangat penting karena selain bisa mendatangkan poin untuk timmu ini juga bisa balik merugikan timmu jika gagal melakukan servis, dengan kata lain tim lawan akan mendapatkan poin cuma-cuma karena servis yang gagal. Servis dibedakan menjadi servis forehand dan servis backhand. Servis forehand biasanya untuk langsung menyerang lawan sedangkan backhand biasanya untuk bermain netting. Cara melakukan latihan servis adalah melakukannya secara berulang-ulang baik dengan servis forehand maupun backhand.

Teknik Mengembalikan Servis

Teknik mengembalikan servis merupakan hal yang harus Anda kuasai, berbagai macam servis yang dilakukan oleh pemain lawan biasanya mengelabui kita untuk mengembalikkannya. Sehingga perlu konsentrasi penuh pada arah datangnya bola. Sebaiknya saat menerima servis pukullah bola ke arah bagian sudut belakang lapangan. Hal ini bertujuan menghindari bola tanggung untuk lawan jika mengembalikkan servis secara sembarangan.

Teknik Melakukan Netting

Cara melakukan netting adalah melakukan pukulan dengan pelan namun masuk ke area lawan, biasanya dilakukan saat lawan berada pada posisi belakang. Teknik neting bisa saja mematikan jika benar-benar dikuasai. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengontrol pukulan, perkiraan jarak, dan arah bola. Latihan berulang-ulang akan memudahkan Anda menguasai teknik netting.

Teknik Smash

Smash merupakan pukul keras dengan menggunakan teknik overhead ke area lawan. Semakin menukik sebuah smash akan semakin baik sehingga kadang disertai dengan lompatan (jump smash). Yang perlu diingat adalah smash harus dilakukan pada timing yang tepat, karena bisa saja terjadi blunder yang menyebabkan poin untuk lawan.

Dari sekian teknik dasar permainan bulu tangkis, mana yang Anda belum kuasai? Teruslah latihan yang rutin dan semangat agar dapat menjadi menguasai keseluruhan teknik dasar bulu tangkis dan jadilah pemain bulu tangkis yang hebat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis

1 komentar:

  1. video teknik bulutangkis https://youtu.be/AXqZ5hIGixM

    BalasHapus