Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Jika kita menonton permainan sepak bola profesional, baik kanca international maupun nasional, dapat kita saksikan kelincahan dan kepiawaian para pemain dalam mengocek dan mengolah bola untuk menciptakan sebuah gol. Tentunya hal ini karena mereka memiliki teknik yang baik dan kemampuan yang mumpuni, teknik yang dimaksudkan pastilah teknik dasar sepak bola.

Teknik dasar dalam permainan sepak bola merupakan hal wajib yang harus benar-benar dikuasai oleh para pemain sepak bola. Cara menguasai teknik-teknik sepak bola ini adalah dengan latihan yang tekun dan rutin sehingga mampu menguasai sepenuhnya setiap teknik dasar dari permainan ini. Sikap konsisten dan pantang menyerah ikut menjadi andil besar untuk menentukan keberhasilan kita untuk menguasai teknik permainan sepak bola. Berikut ini teknik dasar permainan sepak bola yang wajib Anda ketahui.

ads

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola
Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola adalah

  • Menendang (kicking),
  • Menghentikan atau Mengontrol (controlling),
  • Menggiring (dribbling),
  • Menyundul (heading),
  • Merampas (tackling),
  • Lemparan Kedalam (throw – in)
  • Menjaga Gawang (Goal Keeping)

Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik-teknik dasar permainan sepak bola.

Menendang (kicking)

Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing) dan menembak kearah gawang (shootig).

Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

Menendang dengan kaki bagian dalam

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan kaki bagian dalam.

  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.
  2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki tendang ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
  4. Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan follow trow(gerakan lanjutan).

Menendang dengan kaki bagian luar

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan kaki bagian luar.

  1. Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap ke sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam.
  3. Kaki tendang ditarik ke belakang lalu diayunkan kedepan.
  4. Perkenaan bola tepat di punggung kaki bagian luar, dan tepat pada tengah-tengah bola.
  5. Gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap sasaran.

Menendang dengan punggung kaki

Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
Berikut alur gerak untuk menendang dengan punggung kaki

  1. Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, kaki sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran.
  3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola.
  5. Gerakan lanjut kaki tendang diarahkan dan diangkat kearah sasaran.

Mengontrol atau menghentikan bola (controlling and stopping)

Mengontrol bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaannya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan mengontrol bola adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk mengoper.
Berikut alur gerak mengontrol bola.

  1. Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
  2. Kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki penahan diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
  4. Bola menyentuh kaki persis di bagian dalam/mata kaki.
  5. Kaki penahan mengikuti arah bola.Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan punggung kaki, paha, dada, dan kepala sesuai situasi dan kondisi bola.

Menggiring Bola

Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang secara terputus-putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekatkan jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.

Berikut alur gerak menggiring bola.

  1. Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  2. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
  3. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/didorong bergulir kedepan.
  4. Bola bergulir harus selalu dekat dengan kaki agar bola dapat dikuasai.
  5. Pada waktu menggiring bola kedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
  6. Pada saat kaki menyentuh bola, pandangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

Setelah membaca artikel mengenai teknik dasar permainan sepak bola ini, saya berharap Anda bisa sepenuhnya mengetahui ketiga teknik yang paling dasar dari permainan sepak bola. Selain teknik dasar dari permainan sepak bola sepatutnya Anda juga mengetahui mengenai sejarah sepak bola. Semoga ini bisa bermanfaat bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

9 komentar:

  1. main bola selama bukan untuk profesional cukup bs nendang umpan uda cukup hehe

    BalasHapus
  2. bener banget tuh. dlu ada temenku ikut Bina Taruna di rawamangun. kalau latihannya males2an, ama pelatihnya dikatain ayam sayur kalian. tapi kalau passing nya bener, ngikutin arahan pelatih, wah dipuji2 sepanjang latihan...

    BalasHapus
  3. Thanks For u Information SO useful

    sbobet

    BalasHapus
  4. dari sekarang saya masih belum bisa nendang bola keras hahaha

    terima kasih info nya

    BalasHapus
  5. Pengen deh bikin resensi buku tentang sepak bola seperti resensi Novel sang pemimpi

    BalasHapus
  6. dari dulu aku sangat suka permainan sepak bola entah itu kenapa saya juga belajar di http://pastiguna.com/teknik-dasar-sepak-bola-yang-paling-pokok/

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. buat referensi pembelajaran di ssb ane nih gan,,dunia olahraga bisa terus maju nih,,,

    BalasHapus