Teknik Dasar Lompat Jauh

Seringkali orang-orang memandang lompat jauh sebagai olahraga yang mudah, bila kita pandang memang mudah hanya lari lalu melompat. Tapi tak cukup hanya melompat, kita dituntut untuk mendapatkan lompatan sejauh-jauhnya dengan gaya lompat jauh yang benar. Untuk mencapai lompatan yang jauh dibutuhkan pemahaman dan penguasaan teknik dasar lompat jauh.

Orang yang tidak memedulikan teknik dasar dari lompat jauh sangat sulit mendapat lompatan yang jauh, malah sebaliknya sering terjadi keseleo atau hal lain yang tidak diinginkan. Oleh karena itu sebelum praktik melakukan lompat jauh sebaiknya Anda membekali diri dengan pengetahuan tentang teknik dasar lompat jauh di bawah ini.

ads

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh
Teknik Dasar Lompat Jauh 
Teknik dasar lompat jauh terbagi atas empat rangkaian gerak yakni awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan. Untungnya kali ini kita akan membahas satu persatu agar Anda bisa memahami dan menguasai teknik dasar lompat jauh secara keseluruhan.

Awalan

Awalan lari dilakukan dengan meningkatkan kecepatan lari, tetapi masih terkendali untuk melakukan tolakan. Jarak awalan yang baik yakni sekitar 40-45 m dengan melakukan percepatan saat semakin mendekat dengan papan tolak, irama lari juga harus diperhatikan untuk kefektifan tolakan. Pada saat mendekati papan tolakan, yaitu sekitar 3–5  langkah  terakhir dipersiapkan untuk mengalihkan kecepatan gerak horizontal (lari awalan) kepada kecepatan vertikal (tolakan) dengan langkah yang terakhir pendek.

Tolakan

Tolakan dilakukan sebagai tahap pengalihan telapak kaki tolak untuk lepas landas. Tujuannya, yaitu menghasilkan gerak mengangkat tubuh ke atas untuk selanjutnya melakukan gerak melayang di udara. Saat akan melakukan tolakan, kaki tolak sedikit dibengkokkan, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai untuk lepas landas. Gerakan tolakan memerlukan kecepatan, kekuatan, dan koordinasi gerakan yang memadai sehingga gerakannya lebih efektif.

Melayang di Udara

Saat melayang di udara ada beberapa gaya lompat jauh yang dapat dilakukan untuk semakin mengefektifkan lompatan dan mendapat lompatan terjauh. Selain itu, hal-hal yang semestinya diperhatikan saat melayang di udara.

  • Memelihara keseimbangan badan saat melayang.
  • Mengusahakan tahanan udara sekecil mungkin.
  • Mengusahakan melayang di udara selama mungkin.
  • Mempersiapkan kaki untuk pendaratan.

Pendaratan

Pendaratan dilakukan dengan persiapan menundukkan kepala, mengayun lengan, dan membawa pinggang ke depan. Dengan demikian, pada saat pendaratan, anggota badan yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Apabila harus menyentuh pasir, perkenaan dengan pasir harus lebih depan dari kaki.

Teknik-teknik dasar lompat jauh di atas harus dikuasai dan dipahami sebaik-baiknya dengan melakukan latihan yang rutin akan memudahkan Anda untuk menguasai seluruh teknik dasar lompat jauh. Karena kekuatan kaki yang menjadi pokok utama maka harus disertai dengan streching dan latihan yang tepat seperti skipping dan lari sprint. Sebaiknya Anda juga mengkaji mengenai sejarah lompat jauh.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Teknik Dasar Lompat Jauh

0 komentar:

Poskan Komentar