Mempelajari Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Mudah

Tujuan dari olahraga lompat jauh adalah untuk mendapatkan lompatan sejauh-jauhnya. Lompatan terjauh akan kita dapatkan jika teknik kita dalam melakukan lompat jauh juga sempurna. Setiap orang mampu melakukan lompat jauh tapi belum tentu dapat mencapai lompatan maksimalnya. Maka dari itu diperlukan latihan-latihan dan pembelajaran mengenai teknik dasar lompat jauh.

Teknik dasar lompat jauh sangat mudah untuk dipelajari jika ada kesungguhan dalam diri kita. Sebelumnya mari kita lihat teori mengenai teknik dasar lompat jauh dengan mudah.

ads

Mempelajari Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Mudah

Teknik dasar lompat jauh terdiri atas awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan. Berikut uraiannya.
Mempelajari Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Mudah
Mempelajari Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Mudah

Awalan

Awalan berupa lari sepanjang kisaran 40 meter dengan melakukan percepatan, artinya semakin dekat dengan titik tolak maka semakin cepat pula lah pelompat harus berlari. Hal ini disiasati karena jika langsung berlari dengan sekuat tenaga di awal akan menguras tenaga sehingga sebaiknya lari cukup dipercepat dan semakin dekat dengan papan tolak langkah ikut di sempitkan. Tujuan dipercepatnya lari tentunya untuk mendapatkan tolakan yang baik dan mampu mendapat lompatan terjauh.

Tolakan

Setelah melakukan awalan dan telah mencapai papan tolak maka bersiaplah melakukan tolakan. Tolakan sebaiknya dilakukan dengan kaki terkuat agar dorongan semakin kuat pula. Di sini pelompat harus berhati-hati dengan batas papan lompat karena bisa saja terjadi "miss" dalam artian kaki melewati batas papan lompat dan lompatan dianggap tidak sah.

Tujuan tolakan adalah memberikan sentakan yang akan mengangkat tubuh ke atas. Saat akan menolak, kaki tolak dibengkokkan lalu ditapakkan ke papan lompat. Tungkai kemudian diluruskan kemudian melakukan gaya melayang di udara.

Melayang di udara

Saat melayang di udara pelompat diperbolehkan melakukan gaya lompat jauh yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuannya. Namun, kebanyakan atlet lompat jauh menggunakan gaya berjalan di udara. Mungkin karena akan tampak keren dan memang berefek pada jauhnya lompatan. Konsentrasi dan tindakan super cepat dibutuhkan di sini, karena bila sedikit kesalahan saja maka gaya malah mengurangi daya lompat dan berakibat lompatan tidak mencapai titik maksimal.

Pendaratan

Jauh kita melompat ditentukan oleh pendaratan yang sempurna, pendaratan dilakukan dengan menundukkan kepala, lalu mengayun lengan, dan membawa pinggang ke depan. Perlu digaris bawahi bahwa anggota badan yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Apabila harus menyentuh pasir, perkenaan terhadap pasir harus lebih depan dari kaki.

Karena saya sedang bersenang hati berikut ini trik rahasia yang dapat meningkatkan jauh lompatan Anda dan juga sebagai penutup ulasan tentang cara mempelajari teknik dasar lompat jauh untuk lompatan terjauh.
  • Perkiraan jarak awalan kemudian sesuaikan dengan lebar langkah kaki saat berlari. 
  • Irama lari saat mengambil awalan harus dilakukan
  • Menolak dan lepas landas membentuk sudut 45*
  • Gunakan gaya yang sesuai dengan Anda
  • Saat pendaratan leboh baik badan dicondongkan ke depan.


Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Mempelajari Teknik Dasar Lompat Jauh dengan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar